Sabtu, 02 Agustus 2008

Sarang Raja Walet??


Hari Rabu, tanggal 30 July 2008, saya mampir ke toko sarang walet Wong Coco, di Mal Taman Anggrek mengantar rekan dari negeri China yang berminat untuk membeli sarang walet yang sudah diproses.

Ada hal yang menarik perhatian saya, yaitu sarang walet yang belum diproses yang dipajang di etalase toko tersebut.
Di antara sarang-sarang tersebut ada satu sarang yang memanjang (kurang lebih panjangnya 30 cm) seperti sampan sebagaimana photo di atas, dan sarang ini dibuat oleh dan hanya sepasang burung walet. Terus terang, bentuk sarang yang memanjang seperti ini belum pernah saya lihat, dan baru kali ini saya melihat di etalase toko.
Karena bentuk sarangnya yang unik ini maka pemilik gerai Wong Coco menjulukinya sebagai Raja Walet.
Apakah Raja Walet akan membuat sarang seperti ini?
Bentuk sarang seperti photo di atas terjadi karena tempat tempelan sarang atau nesting plank lebarnya tidak mencukupi atau adanya landasan sarang yang dibuat memanjang sehingga burung membuat sarangnya sesuai dengan tempat landasan sarang tersebut.
Jadi bisa saja bukan "Raja walet" yang hanya bisa membuat sarang seperti itu, tapi burung walet tuapun juga dapat membuat sarang memanjang mengikuti nesting plank dan/atau landasan sarang yang ada.

1 komentar:

Calvinlee mengatakan...

Dengan pendapat saya, ini bukan apa apa Raja burung tetapi sarang biasa ....terlalu banyak burung membuat sarang disatu lakasi. Rumah burung saya ada banyak sarang terserbut dan harga diberi oleh pembeli adalah rendah sekali. Mengapa, kerana rumah walit saya terlampau banyak walit dan tempat tidak cukup.
itu adalah pendapat saya dan maaf bahasa saya jikalau ada salah.