Senin, 25 Agustus 2008

Lagi Lagi Rumah Burung Walet dibobol

Beberapa bulan lalu saya menerima kabar dari rekan saya yang ada di negeri Jiran. Pagi ini saya juga menerima SMS dari rekan yang sama yang memberitahu bahwa RBW nya dibobol oleh maling. Tidak ada sarang burung yang dicuri, tidak ada pompa air yang dicuri.... namun yang dicuri adalah 5 unit audio playernya berikut CD atau MMC yang berisi suara walet. Ini adalah kejadian untuk kedua kalinya yang dialami oleh rekan saya tersebut. 

Pencurian audio suara walet dan audio player semakin marak terjadi. Saya pun pernah mengalami hal yang sama, di mana penjaga RBW melakukan pencurian MMC audio player dan menggandakannya untuk "diberikan" kepada orang yang menghendaki suara tersebut. Kejadian ini saya alami pada saat saya pergi ke Malaysia bulan Maret 2008, seminggu kemudianpemilik RBW SMS saya bahwa di daerah Cak........ ada yang menggunakan suara yang sama dengan yang kita gunakan pak... Saya katakan bahwa tidak mungkin di daerah itu ada yang menggunakan suara yang sama dengan yang dipakai di RBW bapak..., tidak ada yang punya suara itu. Lalu saya teringat bahwa seminggu sebelum saya pergi ke P. Kapas, Terengganu - Malaysia, penjaga RBW tersebut pernah ingin membeli audio player dari saya dan katanya untuk pamannya yang nota bene juga paman dari pemilik RBW. Saya katakan kepadanya bahwa saya tidak menjual audio player dan saya hanya menjualnya atau meminjamkannya kepada pemilik RBW yang RBW saya kelola atau dalam penanganan saya. Saya mengatakan seperti ini karena saya tahu bahwa dia bukannya berkeinginan untuk membeli audio playernya, tetapi yang diarah atau diinginkan adalah suara yang saya gunakan di RBW tersebut. Berkali-kali dia SMS dan telpon tetapi saya tetap mengatakan hal yang sama.

Berdasarkan hal tersebut, maka saya telpon ke pemilik RBW dan ternyata benar bahwa penjaga RBW telah menggandakan MMC tersebut dan diberikan ke pamannya... apakah akan berhenti sampai di sini? Tidak! Setelah menggandakan suara tersebut dia dapat melakukan banyak hal, yang pasti dapat menjual suara tersebut kepada pemilik RBW lainnya dan terus menerus seperti itu sehingga suara menyebar ke mana-mana.... dan bisa jadi penjaga RBW tersebut menjadi pengelola RBW di tempat lain. Dengan pengetahuan yang minim tentang budidaya walet, tapi dengan "suara sakti" dia bisa menjadi pengelola RBW .... he he he... hebat ya! Bisakah??????

Kasus yang saya alami pernah saya sampaikan ke rekan saya yang berada di negeri Jiran yang juga mengelola RBW di sana untuk berhati-hati.... namun tak disangka dan tak dinyana beberapa minggu kemudian rekan saya tersebut mengalami hal yang sama, bedanya RBWnya dibobol dan audio playernya diambil, serta tidak ketahuan siapa yang mengambilnya.... sekarang rekan saya tersebut mengalami hal yang sama lagi....

Berikut adalah SMS rekan saya yang saya terima pagi ini:

"Pagi ni RBW 4 lantai saya dipecah masuk maling, kesemua 5 unit audio system dicuri, keliatan ............... (sengaja saya hapus) punya angkara kerana akhir2 ini terlalu ramai yang minta beli suara termasuk orang lama yang sudah sukses tapi saya tak mau jual walau harga tinggi"

Begitu maraknya pencurian suara walet terjadi, begitu hebatnya suara sehingga menjadi incaran orang yang sirik... untuk itu melalui catatan saya ini, saya ingin mengingatkan kepada rekan-rekan untuk lebih berhati-hati... si angkara murka, si Siti Sirik berkeliaran, merambah dan mencuri suara walet. Berbagai cara mereka gunakan untuk mendapatkan "suara sakti" entah untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kepada orang lain.

Kalau RBW anda ada penjaganya, pastikan bahwa dia tidak memiliki kunci "Music Control Room". Kebanyakan dari kita terkena omongan si penjaga yang mengatakan kalau ada trouble dengan suara dan peralatannya bagaimana pak? sedangkan bapak ada di luar kota, jauh dari sini... kalau kunci bapak tinggalkan ke saya kan saya bisa cepat perbaiki... kalau nggak ada suara gimana pak? apa bapak nggak takut burung yang sudah nginap pada kabur atau pindah ke RBW lain? dan lain sebagainya sehingga kita mengiyakan untuk meninggalkan kunci Control Room ke penjaga tersebut. Apa yang akan terjadi??? Sekuat apapun pohon beringin, kalau tiap hari digoyang-goyang terus, suatu hari akan rubuh juga, sekeras apapun batu kali kalau setiap hari ditetesi dengan air suatu hari akan bolong juga. Penjaga RBW adalah manusia yang mempunyai kebutuhan..... berapa gaji yang kita bayarkan ke penjaga RBW setiap bulannya? berapa uang yang akan diterimanya hanya untuk "meminjamkan" CD suara walet hanya untuk 10 menit?? Kebanyakan penjaga RBW berpikiran pendek dan tidak pernah memikirkan efek dari "meminjamkan" CD ke rekan penjaga RBW lainnya atau ke boss pemilik RBW tetangganya.

Sekali lagi, berhati-hatilah dengan suara walet yang anda miliki dan yang anda gunakan, pastikan bahwa CD atau MMC atau apapun medianya, aman dari jangkauan si Siti Sirik dan KOLOR IJO. 

 

Tidak ada komentar:

GRAND OPENING CHICKEN CRUSH VILLA MELATI MAS, SERPONG

Dengan mengucap syukur kepada Tuhan, pada tanggal 17 Oktober 2019 dilakukan pemberkatan tempat usaha resto Chicken Crush yang terletak di Ru...