Sabtu, 09 Agustus 2008

Effektifitas Aroma Walet (Seri 2)

Sebagaimana saya sampaikan dalam artikel yang lalu bahwa aroma walet harus diapplikasikan sesuai dengan aturan penggunaannya. Jangan mengaplikasikannya tidak sesuai dengan petunjuk. Kesalahan dalam pengaplikasian bisa berakibat fatal, yaitu burung walet tidak berani masuk ke dalam RBW, tidak mau menempel atau menghindar dari nesting plank yang disemprot atau diolesi aroma, dan yang lebih buruk lagi burung walet pindah ke RBW lain karena semua nesting plank diolesi dengan aroma walet yang tidak sesuai.

Agar effektif, penggunaan aroma walet harus tepat guna dan tepat tempat. Tepat guna maksudnya adalah aroma walet harus digunakan sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan diaplikasikan sesuai dengan peruntukannya. Misalnya aroma walet yang dikhususkan untuk dinding, tidak boleh diaplikasikan ke nesting plank, demikian juga aroma walet yang dikhususkan untuk nesting plank tidak boleh diaplikasikan ke dinding.

Tepat tempat maksudnya adalah aroma harus diaplikasikan di tempat yang tepat sesuai dengan petunjuk yang dianjurkan. Misalnya aroma walet yang untuk dinding harus diaplikasikan di bawah nesting plank dengan jarak dari lantai antara 1.5 - 2 meter dari lantai atau 30 cm dari nesting plank. Aroma untuk nesting plank hanya diaplikasikan di sudut-sudut nesting plank, dan atau di landasan sarang styrofoam serta sarang karton.

Photo di bawah ini adalah landasan styrofoam yang telah diolesi dengan aroma Plank

Photo di bawah ini adalah landasan sarang styrofoam dan sarang karton yang diolesi dengan aroma Plank dan burung walet membuat sarang di atas landasan sarang dan sarang karton.


Berdasarkan pengalaman, effektifitas penggunaan aroma walet akan terlihat setelah 1 bulan sejak pengaplikasian aroma walet (dengan catatan mikro klimat memadai). Burung walet baru membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan tempat tinggalnya yang baru paling cepat 1 bulan, setelah itu barulah burung walet membangun sarangnya. Pembangunan sarang sampai sempurna membutuhkan waktu 40 - 50 hari di musim penghujan, sedangkan di musim kemarau membutuhkan waktu lebih lama lagi yaitu sekitar 80 hari. Dengan demikian secara rata-rata burung walet membutuhkan waktu kurang lebih 65 hari untuk membangun sarangnya, sehingga kalau kita hitung dari sejak aplikasi aroma sampai jadi sarang utuh, membutuhkan waktu 95 hari atau kurang lebih 3 bulan. Merupakan hal yang ganjil (ataukah kejadian luar biasa????) bila dalam waktu 2-4 minggu setelah aroma walet diaplikasikan sudah ada sarang walet dalam bentuk yang sempurna. Bisa saja kejadian tersebut adalah kejadian luar biasa, yang mana burung-burung walet tersebut hijrah atau migrasi dari suatu tempat yang mengalami gangguan (misalnya: RBW roboh atau terbakar, adanya kebakaran hutan, atau adanya kesalahan dalam renovasi RBW) ke tempat atau RBW lainnya. Namun, perlu dicatat bahwa jarang terjadi bahwa dalam waktu singkat burung membuat sarang di RBW atau tempat yang baru.

Agar supaya penggunaan aroma walet effektif, sebaiknya aplikasikan aroma walet sesuai dengan petunjuk penggunaan yang dianjurkan oleh supplier. Kesalahan dalam pengaplikasian aroma walet dapat berakibat fatal dan menjadikan aroma walet tidak berguna.

Tidak ada komentar: