Kamis, 16 Oktober 2008

Fit dan Hangat Di Peraduan Berkat Chinese Food - by Pangesti Admadibrata

Jamur Hitam China (Shiitake Mushroom)
Ia popular sebagai jamur Shiitake dari Jepang, padahal asalnya dari daratan China. Ia juga popular sebagai jamur dengan aroma khas yang lezat, padahal selain lezat dia juga berfungsi sebagai aphrodisiac — pembangkit gairah cinta anda!

Popular sebagai jamur khas Jepang dengan nama Shiitake, jamur yang sebenarnya berasal dari China ini banyak dijual di berbagai toko makanan kering di Asia. Walau disebut jamur hitam warna jamur ini sebenarnya beragam mulai dari cokelat muda, cokelat tua, hingga abu-abu. Sebenarnya hanya jamur dengan warna permukaan payung berbintiklah yang disebut dengan nama Jamur Shiitake. Karena langka harganyapun menjadi sangatlah tinggi. Dari jenis Shiitake yang termahal adalah jamur Shiitake yang berpayung tebal dan memiliki pinggiran yang bergelombang sehingga sering disebut sebagai “Jamur Kembang”. Di berbagai negara seperti Hong Kong, Taiwan, RRC, dan Jepang juga Korea jamur ini banyak digunakan pada berbagai masakan khas setempat. Jamur beraroma khas ini juga menjadi makanan favorit pada vegetarian karena dianggap sama lezatnya dengan daging.

Jika anda ingin membeli Jamur Shiitake ataupun Jamur Hitam China sebaiknya anda beli saja yang telah dikeringkan, karena aromanya akan lebih harum saat dimasak. Jamur Shiitake yang telah dikeringkan mudah diperoleh di berbagai tempat yang menjual bumbu atau makanan khas China atau Jepang. Jika di kota anda kebetulan ada “China Town” pasar-pasar di tempat seperti ini pasti menjual jamur Shiitake kiloan. Sebelum dimasak rendam jamur hitam kering di dalam air hangat selama setengah jam. Hilangkan kotoran yang menempel di atasnya. Jika masih ada sisa simpanlah di tempat kering dengan suhu kamar.
Jamur Hitam China sejak lama dikenal masyarakat China sebagai jamur yang mengandung pembangkit gairah seksual (Aphrodisiac). Ini pula yang membuat jamur yang pada kenyataannya mengandung protein, Vitamin B2 dan B12 ini termasuk jamur paling popular yang sering diolah atau dicampurkan ke dalam berbagai makanan China. Ilmu pengobatan China tradisional sejak lama juga menganjurkan orang mengkonsumsi Jamur Hitam China (Shiitake) ini sebagai makanan kesehatan karena dapat menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, juga polisakarida yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bahkan konon dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker!

Jadi bila ingin kehidupan cinta anda semakin hangat tak ada salahnya memasukkan empat lima keping Jamur Hitam China plus seiris dua iris jahe dan ginseng ke dalam tumisan sayur anda. Dijamin pasti oke!

Haysom - Si Biang Energi
Lebih akrab disebut dengan nama “Haysom” terutama di restoran China, teripang atau ketimun laut sering dimitoskan sebagai salah satu makanan pembooster energi cinta. Pertama-tama karena bentuknya yang menyerupai phallus alias batang, sehingga pria yang sering mengkonsumsinya konon bakal perkasa bak Herkules di peraduan!
Teripang dalam keluarga binatang laut masih terhitung keluarga jauh dari bintang laut dan tergolong dalam Echinodermata. Disebut sebagai “Sea Cucumber” dalam bahasa Inggris karena bentuknya memang seperti ketimun. Di Prancis ia disebut dengan nama romantis “Beche de Mer” sedang di China dalam bahasa Mandarin, dengan gamblang dinamai Hai Shen (Haysom) yang berarti Ginseng Laut. Tak jelas apakah sebutan itu lahir dari prestasinya sebagai aphrodisiac laut atau karena potensi lain yang dimilikinya sebagai makanan yang sangat bergizi.
Selama berabad-abad masyarakat China telah mengkonsumsi Haysom dengan cara mencampurkannya ke dalam masakan mereka. Itu bukan lantaran semua orang kepingin punya stamina seks yang prima karena kaum wanitapun banyak yang mengkonsumsinya melainkan karena Haysom terbukti dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti menurunkan tekanan darah tinggi hingga menghilangkan sakit persendian. Belum terhitung lagi khasiatnya sebagai “booster energi” sehingga pantas disebut sebagai ginseng laut.

Selama beberapa masa Haysom sempat menjadi makanan yang hanya boleh dikonsumsi oleh kalangan tertentu, terutama keluarga kaisar dan bangsawan yang di kala itu umumnya memiliki banyak isteri dan selir.
Di pasaran Haysom dijual dalam bentuk segar dan kering. Berbagai toko obat di pecinan biasanya juga menjual Haysom bersama dengan sarang burung walet, ginseng dan aneka bahan berkhasiat lainnya. Seperti halnya tahu, teripang alias Haysom sebenarnya tidak memiliki aroma tertentu, namun tekstur dagingnya yang lembut dan berlendir membuatnya enak untuk diolah sebagai sup, tumis, ataupun makanan berkuah lainnya. Perlu waktu cukup lama untuk menyiapkan Haysom yang baru ditangkap di laut sebelum bisa dimakan. Kadangkala prosedur pembersihan dan penyiapannya sampai memakan waktu berhari-hari.

Jadi kalau mau tak repot mencoba kedahsyatan Haysom, kunjungi saja restoran China yang cukup besar di kota anda . umumnya restoran-restoran China besar memasukkan Haysom sebagai salah satu menu utamanya.

Sup Sarang Burung Walet: Segar Berenergi
Jika dengar kata ludah mungkin ada sebagian orang yang merasa jijik. Beberapa negara seperti Singapura, Hong Kong dan RRC meludah dilarang keras oleh hukum. Tapi toh di negara dengan penerapan hukum sekeras Singapura sekalipun, tetap ada satu mahluk yang tak dilarang meludah, bahkan justru dianjurkan karena bisa meningkatkan devisa negara.
Mahluk yang ludahnya begitu berharga itu tak lain dan tak bukan adalah burung walet. Dengan air liurnya yang kental burung walet membuat sarangnya. Air liur yang kental itu akan mengering saat terkena udara. Dewasa ini di dunia dikenal 2 jenis sarang burung walet yakni sarang burung walet yang dipanen di gua-gua di pegunungan, serta sarang burung walet yang dipanen di atap rumah-rumah tua yang lebih popular sebagai sarang burung walet rumahan. Burung walet yang membuat sarangnya di atap rumah tua biasanya telah dibudidayakan oleh keluarga atau perusahaan yang menjalankan bisnis seperti ini sejak lama. Karena sifatnya yang alami dan langka (Banyak pemanen sarang burung walet yang menemui ajalnya setiap tahun saat memanen di gua) harga jual sarang burung walet gua jauh lebih mahal dibandingkan sarang walet rumahan. Di pasaran juga dikenal istilah sarang burung walet bersih dan kotor. Yang bersih adalah sarang burung walet yang sudah dicuci dan dibersihkan serta siap untuk dimasak.
Sarang burung walet umumnya mudah didapatkan di pasar atau toko obat di pecinan. Biasanya dijual dalam kemasan atau kiloan. Di restoran sarang burung walet biasanya disajikan dalam bentuk sup atau manisan sebagai makanan penutup. Yan Wo begitu namanya dilafalkan dalam bahasa Mandarin, sudah selama berabad-abad dijadikan makanan kaum kelas atas.
Kandungan gizinya yang tinggi membuatnya dipercaya memiliki khasiat sebagai aphrodisiac yang di masa tertentu hanya bisa dinikmati oleh kaum bangsawan di Tiongkok Kuno. Banyak sinshe dan ahli pengobatan China tradisional yang mencampurkan sarang burung walet ke dalam tonik penguat. Belakangan sup sarang burung walet dikemas dan diproduksi secara modern sebagai salah satu tonik penambah energi. Sayang harganya sangatlah mahal sehingga walau jaman telah modern dan kaum bangsawan tak lagi memonopoli segala segi di muka bumi ini, sarang burung walet masih tak terjangkau oleh semua orang.
Jika ingin mencoba sendiri khasiatnya dirumah, buatlah sup sarang burung walet dengan bahan dasar sarang burung walet yang telah dibersihkan lalu dimasak dalam kaldu ayam. Cukup tambahkan bumbu seperti lada hitam, bawang putih, dan jahe. Jika ingin khasiatnya lebih bertambah, bisa tambahkan ginseng atau akar teratai yang juga berkhasiat sebagai pembangkit gairah.

Asparagus
Tian Men Dong (akar gerbang surgawi) atau Wan Sui Teng (akar panjang umur) begitu namanya disebut dalam bahasa Mandarin. Hampir setiap restoran yang menjual masakan Cina memasukkan asparagus ke dalam daftar menunya. Biasanya dibuat sup kepiting atau ditumis.

Kepopuleran asparagus sebagai salah satu menu favorit di restoran Cina ternyata terpulang pada khasiat-khasiat yang dimiliki tumbuhan ini. Asparagus dalam khasanah ilmu pengobatan Cina tradisional telah lama digunakan sebagai salah satu makanan sehat yang sekaligus bermanfaatn mengobati berbagai penyakit mulai dari arthritis sampai masalah kesuburan.

Hasil penelitian ilmiah secara modern menunjukkan bahwa asparagus mengandung steroidal glikosida yang memiliki efek anti pembengkakan. Satu setengah mangkuk asparagus yang telah dimasak mengandung sejumlah besar asam folik, vitamin C, potassium, dan beta karotin. Asam Folik membantu mengurangi cacat bawaan pada bayi, kanker panggul, usus dan dubur, serta bermanfaat untuk mencegah penyakit-penyakit jantung. Kandungan vitamin C nya sementara itu dapat membantu tubuh mencegah kanker, penyakit jantung serta meningkatkan daya tahan tubuh. Potassium membantu meregulasikan keseimbangan elektrolit dalam sel dan menjaga fungsi jantung dan tekanan darah yang normal. Dengan kandungan seperti ini asparagus yang tak mengandung lemak, kolesterol dan sodium jelas pantas disebut sebagai makanan yang sehat. Seorang peneliti di Italia pada tahun 1991 menemukan fungsi lain dari asparagus yang ternyata banyak membantu keberhasilan pasangan yang mengikuti program bayi tabung.

Akan halnya di Cina, Asparagus telah lama dipercaya sebagai makanan yang memiliki efek aphrodisiac. Catatan mengenai khasiat asparagus banyak ditemukan dalam berbagai kitab pengobatan di Cina. Seorang alkemis bernama Go Hong dalam sebuah kitab klasik Taois pernah menyebutkan kisah seorang pria bernama Du Ziwei yang setelah mengkonsumsi asparagus selama bertahun-tahun jadi begitu perkasa hingga sanggup membahagiakan ke 80 isteri dan selirnya. Du juga sanggup berjalan sepanjang 50 li setiap hari dan berumur panjang sampai 145 tahun

Tidak ada komentar: