Jumat, 04 Mei 2012

Setting Hotspot


Hal yang paling "menyebalkan" dalam berurusan dengan internet adalah soalsetting. Bagi mereka yang sehari-harinya menggeluti bidang IT, tentunya tidak masalah. Tapi bagaimanakah dengan kita yang terpaksa "harus berurusan" dengan bidang ini dengan berbagai sebab? Bisa jadi anda seorang teknisi CCTV biasa, tetapi dituntut perusahaan untuk bisa melakukan setting dvr ke internet. Maka, mau tidak mau anda harus berurusan dengan setting internet, bukan? Atau anda hanya seorang biasa tanpa latar belakang IT sama sekali, tetapi ingin serba tahu sesuatu yang baru dan aneh, maka mau tidak mau akan terlibat pula dengan urusan ini. Pendeknya, urusan ini akan menyeret kita ke alam petualangan yang baru, dimana saat kita berhasil, kita akan lebih "pe-de" dalam melakukannya lagi dan lagi. Cuma sayangnya perkara "setting-menyeting" itu tidak bisa dilakukan oleh setiap orang.

Tetapi untungnya para insinyur IT seolah mengerti akan kesulitan kita, sebab mereka sadar betul bahwasannya produk ribet tidak akan laris di pasaran. Salah satu merk produk tidak ribet yang masuk dalam daftar kami adalah produk keluaran TP-Link. Contohnya modem legendaris ADSL TD-8817, TD-8840 dan satu lagi Router TL-MR3420.


Pada bahasan kali ini kami akan mereview produk Router TL-MR3420. Apabila anda sudah berlangganan Speedy dan ingin menambahkan "hotspot" sendiri di rumah, maka produk inilah salah satu yang kami rekomendasikan. Sejatinya produk ini adalah "3G/3.75G Wireless N Router", sehingga kita bisa meng-hotspot-kan Speedy di rumah kita. Selain itu, kita bisa menancapkan modem USB sebagai backup. Seperti dijelaskan dalam manualnya, anda tinggal menghubungkan Router ini dengan modem Speedy yang sudah terpasang, misalnya TD-8817. Semudah itu? Ya! Lantas anda lakukan setting "ala kadarnya" dengan bantuan PC atau laptop tentunya. Hal yang perlu anda siapkan sebelum setting hanyalah nomor pelanggan Speedy anda dan password-nya. Selebihnya biar Router ini yang nanti "ngatur" sendiri. Sekadar info, nomor pelanggan Speedy biasanya seperti ini 13116510XXXX@telkom.net, sedangkan password sementara sudah tertera dibalik amplop aplikasi pelanggan. Nomor dan password inilah yang nantinya dimasukkan ke dalam User Name dan Password pada menu WAN Connection Type di Router. Berikut langkah singkatnya:


1. Matikan modem Speedy anda, lalu hubungkanlah ke terminal WAN pada TL-MR3420 seperti pada gambar. Setelah itu hubungkan PC atau laptop ke soket nomor 1 pada TL-MR3420. Untuk sementara, USB modem tidak perlu dipasang dulupun tidak mengapa.





2. Jika koneksi sudah seperti gambar di atas, hidupkan semua peralatan dan tunggu beberapa saat. 
3. Bukalah browser apa saja pada laptop, lalu access-lah Router TL-MR3420 ini dengan mengetikkan http://192.168.1.1. Masukkan user name dan password standar "admin", "admin". Setelah masuk, pilihlah menu "Quick Setup". Selanjutnya anda tinggal mengikuti urutan ilustrasi kami di bawah ini. O, ya siapkan pula satu nama unik (yang disebut Network Name atau SSID) danPassword. Upayakan agar password ini tidak diketahui oleh tetangga, karena nanti dia bisa "nebeng internetan" melalui koneksi wireless kita. Nama SSID pun boleh dibuat "seram", misalnya Anonymous, Hacker, Spyware, Hijacker dan lain-lain, sehingga mendatangkan efek psikologis bagi yang coba-coba membobolhotspot kita.











Nah, setelah itu klik Reboot dan biarkanlah proses berlangsung sampai berhasil. Lepaskanlah kabel laptop yang nyambung ke Router TL-MR3420. Lalu, aktifkanlah tombol wireless LAN pada laptop anda dan biarkanlah ia mencari sinyal transmisi dari Router. Sesaat setelah nama koneksi kita tertangkap (muncul) pada laptop, masukkanlah password-nya, lantas klik Connect. Kini anda sudah terhubung ke Internet melalui jaringan hotspot milik kita sendiri. Asyik, bukan? O,ya bagi anda yang ingin "mengutak-ngatik" dulu menu Router ini sebelum membeli, silakan coba di sini. Mudah kok!

Tidak ada komentar: