Selasa, 09 September 2008

Suara LACUR = Suara DURESS??????

Berikut adalah cuplikan yang saya ambil dari web www.jahaniwalit.com yang baru saja saya baca sore ini.

"Anda jangan terperanjat jika mendapati suara yang dipasang akan mampu menarik terlalu ramai burung datang suara ini dikenali dengan suara dures atau dikenali juga dengan suara lacur. Suara ini dirakam dalam keadaan burung stress. Suara begini biasanya digunakan untuk menguji penentuan lokasi yang sesuai bagi membina rumah burung walit. Anda dinasihatkan supaya tidak menggunakan suara jenis ini untuk dipasang pada pintu masuk rumah burung anda kerana ia tidak akan bertahan lama.Burung akan menhilangkan diri secara perlahan lahan."

Saya sungguh terperanjat dan kaget kalau suara LACUR disamakan dengan suara DURESS. Suara-suara walet yang saya miliki memang saya beri nama atau saya juluki "LACUR" dengan beberapa seri.
Banyak rekan-rekan yang menanyakan arti LACUR ini dan memang saya hanya menjawab dengan senyum saja... silakan mengartikan sendiri...
Namun perlu dicatat dan diketahui bahwa suara seri "LACUR" tidak berisi suara walet stress dan bukan berisi "suara anakan burung walet" yang digunakan untuk test lokasi, dan tidak berisis DURESS, sama sekali tidak ada.

Tulisan ini bukan untuk mengkonter apa yang ditulis oleh jahaniwalit.com, tapi saya hanya ingin meluruskan apa yang telah beliau tulis di web nya.... ataukah mungkin penulis jahaniwalit.com asal menulis saja tanpa tahu apa itu suara LACUR... he he he dan kalau beliau beranggapan seperti itu maka saya berkeyakinan bahwa beliau belum pernah mendengar suara LACUR saya...
Kalau beliau pernah mendengar suara LACUR saya, tentu beliau tidak akan mengatakan bahwa suara LACUR = suara DURESS... he he he... Bisa dilihat di youtube... dan coba dibandingkan bagaimana respon burung terhadap kedua suara tersebut.
Respon burung yang mendengar suara DURESS dengan pergerakan burung yang mendengar suara LACUR, berbeda... sangat berbeda. Silakan di analisa sendiri, he he he....

Saya yakin pak Jahani tidak mengerti dan tidak tahu apa yang beliau tulis serta tidak pernah mendengar suara LACUR saya ... beliau hanya beranggapan bahwa suara LACUR adalah suara DURESS.... beda lho ...weleh weleh.... Racun... eh, Lacur ... Lacur...

Saya sudah SMS pak Jeff untuk mengingatkan ke jahaniwalit.com bahwa suara LACUR bukan suara DURESS.... dan seketika itu pula jahaniwalit.com merevisi tulisannya

Bagi rekan-rekan yang pernah mendengar suara LACUR saya, silakan beri komentar.., apakah suara LACUR saya adalah suara DURESS??? Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

GRAND OPENING CHICKEN CRUSH VILLA MELATI MAS, SERPONG

Dengan mengucap syukur kepada Tuhan, pada tanggal 17 Oktober 2019 dilakukan pemberkatan tempat usaha resto Chicken Crush yang terletak di Ru...