Rabu, 09 Januari 2008

Rumah Walet

Pada saat sekarang ini banyak orang yang keblinger dengan suara walet. Pemilik rumah burung walet, consultant rumah walet, pengelola rumah walet, mengejar dan mencari suara-suara walet yang diperdagangkan atau diperjualbelikan oleh tentunya yang jual suara walet. Harga relatif, ada yang murah dan ada yang sangat mahal.

Setelah mereka memiliki suara walet tersebut, mereka mencoba suara walet yang dibelinya. Dan pada saat suara walet tersebut dibunyikan, banyak burung walet yang berdatangan pada hari pertama.... hari kedua burung walet yang datang mulai berkurang... hari ketiga hanya beberpa ekor yang berkunjung, namun hari-hari berikutnya tidak ada burung yang datang.
Masalah ini sering dan banyak kita jumpai terutama di sepanjang Pantura (Pantai Utara) Jawa. Burung tidak lagi terpikat dengan suara walet, apakah waletnya sudah bosan dengan suara walet? Apakah suara walet tersebut tidak effektif untuk memikat burung? Ataukah burung waletnya yang sudah tuli??
Pada hal suara yang sama juga digunakan di daerah lain, hasilnya effektif untuk memikat burung walet, setiap hari burung yang datang dan pergi silih berganti dan bahkan dalam hitungan hari ada burung yang menginap dan membuat landasan sarang.
Apakah benar suara waletnya yang bermasalah? Ataukah ada hal lain yang bermasalah???

Suhu dan kelembaban tidak bermasalah, sekat ... tidak ada sekat dan tidak bermasalah untuk manuver burung, cahaya tidak bermasalah, aroma juga tidak ada masalah, sarang imitasi ... juga sudah dipasang ribuan, suara... sudah berkali-kali ganti dari yang murah sampai harganya yang jutaan rupiah, dukun/supranatural atau paranormal juga sudah didatangkan dari berbagai daerah... apa yang kurang?? DOA nya... juga sudah dilakukan setiap jam. Kurang apa???

Tidak ada komentar: