Senin, 21 Januari 2008

Rumah Walet Yang Sukses



Tanggal 18 Januari 2008 saya melakukan kunjungan ke Singapore dalam kaitannya dengan pekerjaan utama saya sebagai pegawai di perusahaan swasta.

Setelah meeting, malam harinya saya bertemu rekan-rekan yang ada di Singapore dan Johore - Malaysia. Kami berbincang banyak mengenai rumah walet dan tidak ketinggalan juga mengenai suara walet yang dapat dipergunakan untuk memikat walet.

Tanggal 19 Januari 2008, dini hari saya bersiap-siap untuk berangkat ke Segamat- Johore, Malaysia. Jam 05.15, rekan saya, Lingsw menjemput saya lalu menjemput rekan sejawat saya yang tinggal di Singapore menuju Malaysia dengan mobil pribadi Lingsw. Karena terburu-buru, rekan sejawat saya lupa membawa pasport.... wah... cilaka, kami sudah sampai di Singapore Immigration dan dalam antrian sehingga kami tidak dapat memutar arah.... Pasport kami dan ID card Malaysian rekan kami ditahan dan diproses di kantor imigrasi.... tapi inilah Singapore.... mereka memperlakukan kami dengan baik dan memperbolehkan kami untuk putar arah....untung... pasport kami berdua belum di chop, kalau tidak rekan sejawat saya harus pulang sendiri dan harus menyusul kami dengan menggunakan bus.... wah... karena dia too excited untuk melihat RUMAH BURUNG WALET yang SUKSES sehingga dia lupa segala-galanya ha ha ha James....

Kami sampai di Segamat jam 08.30, dan menuju rumah rekan kami, WL1SGT, salah satu peternak walet yang sukses di Malaysia, dan peternak walet pionner di Segamat, Johor.

Kami makan pagi bersama, dan setelah selesai makan pagi kami menuju ke RBW milik pak WL1SGT..... benar-benar hebat....

Saya sempat berbincang panjang lebar dengan Pak WL1SGT, dan saya sempat menanyakan kepada beliau apa kunci keberhasilannya. Beliau mengatakan bahwa kunci keberhasilannya dalam beternak walet adalah penguasaan teknik dengan benar, dedikasi dan tekun serta tidak pernah menyerah. Bagaimana dengan Hokki?? Secara implisit beliau mengatakan bahwa ada faktor tersebut. Hokki karena memiliki lokasi atau gedung yang berada di tempat yang benar, hokki karena masuk ke bidang ini tepat pada waktunya (right time), hokki karena ada kesempatan (opportunity).

Hasil panen dari RBW ini setahun 400 kg, berapa penghasilan yang diperolehnya dalam setahun?

1 komentar:

cksoon mengatakan...

Bravo Pak,

Selain KPW,sekarang saya ada satu lagi tempat utk belajar.

THks

chan