Kamis, 04 Oktober 2012

Sebulan setelah ON Suara


Tanggal 20 September 2012, tepat sebulan setelah ON suara untuk Rumah Burung Walet di TAWAU - SABAH - MALAYSIA, pemilik RBW masuk ke dalam RBW untuk mengecek apakah burung walet yang tinggal bertambah atau tidak, mengingat bulan Agustus - September 2012 adalah kemarau panjang di sana. Tidak ada hujan sama sekali di bulan-bulan tersebut.
Pemilik RBW membuka pintu dan seperti biasanya mata tertuju ke lantai untuk melihat apakah ada kotoran walet di lantai sebagai tanda ada burung walet yang menginap.
Di mulai dari lantai dasar, mata pemilik RBW tertuju ke lantai dan mulai menghitung kotoran walet dan lanjut ke lantai berikutnya sampai ke lantai 3.
Pemilik RBW sangat terkejut karena  dalam jangka waktu sebulan dan di musim kemarau serta RBW baru jumlah kotoran secara keseluruhan  adalah 52 spot.
Dan pemilik RBW heran sebagaimana pernah saya sampaikan bahwa dengan suara center yang saya pakai, burung akan lebih dulu tinggal di bagian tengah dan semua tweeter center akan ditempati oleh burung walet.

Berikut ini adalah kotoran walet di tengah ruangan yang dipasang tweeter dengan menggunakan center sound ciptaan saya. New Center Sound ini memang dibuat khusus untuk RBW ini, dapat dilihat di photo ini dari depan sampai belakang berjajar kotoran - kotoran walet.


                                   


  


                                   

Tidak hanya di tengah-tengah ruangan yang ada kotoran walet sebagai petanda burung walet telah tinggal, tetapi di tweeter sudut (corner tweeter) pun ada burung-burung walet yang tinggal.

Sinkronisasi suara sudut (Corner Sound) dengan suara tengah (Center Sound) yang baik akan mempercepat burung tinggal.






Dengan menggunakan suara yang baik, sinkronisasi suara yang baik serta mikro habitat (suhu, kelembaban dan aroma) yang memadai dan bagus akan mempercepat burung walet tinggal di RBW.

Sebulan lagi saya akan update perkembangan RBW ini. SALAM SUKSES.

Tidak ada komentar: