Rabu, 08 April 2009

Teman Sejati??? - Bagian I



Sering kita menyadari bahwa dalam kehidupan ini kita memerlukan teman sejati, namun memang tidak mudah menemukan teman sejati.
Banyak kriteria yang harus dipenuhi oleh seorang teman untuk dapat dikatakan atau dikategorikan sebagai teman sejati.

Ada yang berpendapat bahwa teman sejati harus memenuhi kriteria tertentu misalnya:
1. dapat dicaci maki terus menerus dan teman tersebut harus diam dan tidak boleh membalas caci makinya.
2. teman tersebut harus dapat memberikan apa yang dimintanya dan harus mau serta mampu melakukan apa yang diminta atau diperintahkan.
3.Teman tersebut harus memberikan dan akan terus memberikan sesuatu walau tidak ditanya atau diminta.
4. Teman tersebut harus mau untuk digunjingkan dengan teman lainnya dan teman tersebut tidak boleh membalasnya serta tidak boleh sakit hati.
5. Teman tersebut boleh ditampar pipi kirinya dan harus mau memberikan pipi kanannya untuk ditampar atau memberikan mukanya untuk diludahi atau ditinju mukanya.
6. Teman tersebut harus diam seribu bahasa dan tidak boleh membalas kalau ekornya diinjak.

Dengan kriteria - kriteria tersebut memang sulit kita untuk menemukan teman sejati, dan hanya anjing saja yang memenuhi kriteria 1 sampai dengan 4, namun anjing tidak dapat memenuhi kriteria ke 5.
Walau demikian, anjing mendapatkan score 67, karena memenuhi 4 dari 6 kriteria sebagai teman sejati.
Oleh karena itu anjing sering kita sebut BEST FRIEND, teman terbaik... dan bisa dikategorikan sebagai teman sejati.

Kriteria 1 : anjing pasti memenuhi kriteria tersebut, karena tidak mengerti apa yang kita ucapkan.
Kriteria 2 : anjing akan mampu memenuhi kriteria ini bila dilatih dengan baik.
Kriteria 3 : sama, anjing akan mampu memenuhi kriteia ini bila kita melatihnya dengan baik.
Kriteria 4 : pasti terpenuhi karena anjing tidak mengerti dan tidak tahu bahwa dirinya digunjingkan oleh karena itu anjing tidak akan pernah sakit hati.
Kriteria 5 : anjing adalah binatang kesayangan yang setia, walau diludahi mukanya, ditendang kepalanya, dia hanya akan berteriak kaing - kaing lalu pergi... tapi akalau terus menerus diperlukan seperti itu.... gimana jadinya
Kriteria 6 : Anjing TIDAK DAPAT memenuhi kriteria ini. Kalau tidak percaya, coba saja ekor anjing anda injak, apa yang terjadi??? Anjing tersebut dengan sontak berteriak KAING! dan menggigit anda.

Kita perlu menggaris - bawahi kriteria 5 dan kriteria 6. Betapapun setianya anjing kalau terus menerus dipukuli, suatu hari dia akan menggigit tuannya. Di kemudian hari anjing tersebut akan selalu menghindar dari tuannya. Kenapa? Karena dia tahu tuannya marah dan dia tidak ingin berjumpa lagi dengan tuannya karena dia tidak mau lagi untuk dipukul atau menjadi sasaran atau menjadi pelampiasan ketidakpuasan tuannya.
Anjing paling sensitif dengan ekornya, anda boleh memukul dibagian tubuhnya yang lain, namun jangan sekali-kali menginjak ekornya, bila anda menginjak EKORnya... anda akan merasakan taring tajam sang anjing plus RABIES.

Jadi, menurut anda siapakah teman sejati anda? Karena saya tidak dapat memenuhi kriteria tersebut di atas maka saya tidak dapat dikategorikan sebagai teman sejati dan lagi pula saya juga bukan anjing.

Namun perlu saya sampaikan bahwa DOG IS MY BEST FRIEND and I never bit him even he bite me. I LOVE MY DOGS.

So.... carilah anjing yang setia bagi anda, namun pesan saya janganlah anda menyakitinya, sayangilah dia sebagai mana anda menyayangi anak anda.
Jangan perlakukan semena-mena walau dia tidak tahu yang anda bicarakan.
Jangan memukulnya, walau anda tidak menginjak ekornya.
Jangan menginjak ekornya, karena dia pasti menggigit anda.

Kalau anda ingin mencari teman sejati yang berujud manusia, pastikan memenuhi kriteria 1 s/d 6 sebisa mungkin memenuhi score 67 seperti score yang didapat oleh sang anjing. Namun, jangan anda egois .... sebelum anda menentukan kriteria seperti di atas, anda pun seyogyanya memenuhi kriteria 1 s/d 6, paling tidak memenuhi kriteria 1 s/d 4. Kalau anda sendiri belum dapat memenuhi kriteria 1 s/d 4, maka seyogyanya anda tidak berkoar-koar untuk mendapatkan "TEMAN SEJATI", karena kalau anda tidak dapat memenuhi kriteria yang anda syaratkan atau kriteria 1 s/d 4, maka andapun juga BUKAN TEMAN SEJATI.

Anda ingat pepatah "Semut di seberang sungai terlihat, namun gajah di pelupuk mata tidak terlihat"?? Andakah itu?? Semoga saja bukan anda.

Selamat mencari dan menemukan teman sejati dengan kriteria - kriteria tersebut di atas.

Tidak ada komentar: