Kamis, 19 April 2012

Sarang Burung Walet - HALAL

Ada beberapa rekan yang menanyakan kepada saya "apakah sarang burung walet halal mengingat bahwa sarang burung walet dibuat dari liur?". Berikut ini adalah cuplikan berita dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) yang baru-baru ini dipublikasikan di media massa.

Dari sisi Islam, bagaimana sebenarnya hukum makan sarang burung walet? Bukankah proses pembuatannya menjijikkan karena terbuat dari air liur burung itu sendiri. Belum lama ini LPPOM MUI membahas tentang hukum sarang burung walet. Di sisi lain, ada perusahaan juga yang minta dibuatkan sertifikasi halal dari sarang burung walet.

Menurut Ir Muti Arintawati, MSi, Wakil Direktur LPPOM MUI, hasil kajian LPPOM MUI pada prinsipnya hukum sarang burung walet dibolehkan.
Karena, sarang burung tersebut dihasilkan dari bagian dalam perut burung sehingga tidak ada masalah.
“Jadi, telah disepakati kalau sarang burung walet hukumnya halal.“

Namun, yang menjadi perhatian LPPOM MUI, bagaimana proses pembersihan dari sarang burung walet tersebut. Karena tidak menutup kemungkinan, kata Muti, di sarang tersebut tercampur dengan sesuatu yang najis, seperti kotoran burung itu sendiri, mungkin juga lingkungan yang membawa kotoran ke dalam sarang. Pengaruh luar ini yang bisa membuat sarang burung walet menjadi tidak halal.

Oleh karena itu, proses pencucian sarang burung walet harus diperhatikan dengan serius. Jangan sampai ada kotoran yang masih melekat di sarang burung. Karena, kalau sarang burung masih bercampur dengan kotoran menjadi najis, tidak halal untuk dimakan. Sebaliknya, pencucian yang benar-benar bersih halal hukumnya.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa bahan dari sarang burung walet adalah halal. Namun, bisa menjadi haram jika sarang burung tersebut tercampur dengan kotoran
.
Sumber: Koranfakta.net

Berkaitan dengan hal di atas, ada baiknya bila sarang burung walet yang sudah diproses disertifikasi oleh MUI untuk mendapatkan sertifikat HALAL dengan demikian konsumen akan lebih yakin bahwa sarang burung walet yang dibeli tidak ada campuran bahan haram.

Tidak ada komentar: