Minggu, 16 Mei 2010

Cara Jitu Memikat Walet

Telah terbit buku baru Cara Jitu Memikat Walet.

Di buku ini diungkap dengan jelas bagaimana menentukan lokasi, menentukan Lubang Masuk Burung, penggunaan sarang imitasi dan landasan sarang, cara membuat aroma dan aplikasinya, cara penggunaan berbagai macam suara di RBW, dan berbagai macam tips untuk memikat walet dan meningkatkan populasi serta mencegah walet pindah ke rumah walet lainnya.


Dapatkan buku ini di toko-toko buku terkemuka di kota Anda.

Malaysia silakan hubungi:
tan2020@gmail.com
waletasia@gmail.com




Teknik Tepat Sukses Budi Daya dan Bisnis Walet
(Ditulis oleh Newsroom)

Beragam masalah sering muncul dalam usaha budi daya dan usaha sarang walet. Masalah terbesarnya ialah rumah yang dibangun untuk tempat sarang walet tidak kunjung dihuni walet atau mereka malah kabur ke rumah walet lain. Padahal, biaya yang sudah dikeluarkan sangat besar sehingga mengundang frustrasi pebisnis si “air liur emas” ini.


Memang, menjalankan budi daya walet itu tidak semudah yang kita bayangkan. Bahkan, banyak yang bilang bahwa permasalahan di bidang budi daya walet itu terbilang kompleks dan unik. Ada banyak hal yang mesti diketahui oleh pembudidaya dan pebisnis walet jika tidak ingin mengalami kegagalan. Pengetahuan inilah yang akan memberi arahan tepat dalam pengelolaan budi daya walet.

Salah satu hal yang mesti diperhatikan ialah mengenai lokasi rumah walet. Pasalnya, pemilihan lokasi yang tepat dan benar sangat menentukan keberhasilan merumahkan walet. Untuk itu, dalam menentukan lokasi harus mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut.

1. Ketinggian maksimum lokasi rumah walet adalah 700 meter di atas permukaan laut (dpl).
2. Letak rumah walet tidak berdekatan dengan pusat kota, pusat keramaian, atau kawasan industri.
3. Makro habitat harus mendukung kehidupan serangga yang merupakan makanan utama burung walet. Maka, sebaiknya rumah walet dibangun berdekatan dengan ladang, sawah, perkebunan, danau, rawa, atau sungai.
4. Jarak lokasi rumah walet berdekatan dengan rumah burung walet lainnya, paling jauh berjarak sekitar 5 km.
5. Lokasi rumah walet harus memiliki sarana penunjang, seperti listrik, air, dan dekat dengan jalan raya. Lokasi keamanannya juga mesti terjamin.

Jika Anda sudah menemukan lokasi yang tepat, selanjutnya Anda juga mesti membuat struktur bangunannya secara benar sesuai kondisi habitat burung walet. Struktur bangunan yang tidak benar mengakibatkan walet tidak mau menghuni rumah yang sudah dibangun. Kondisi-kondisi ini di antaranya meliputi pencahayaan, suhu udara, kelembapan, memiliki aroma khas burung walet, dan tidak terdapat suara-suara yang mengejutkan.

Apakah sudah cukup? Belum. Tentu saja masih banyak hal yang mesti diketahui pembudidaya walet dari berbagai aspeknya. Nah, keseluruhannya bisa Anda dapatkan secara lengkap di dalam buku “Cara Jitu Memikat Walet” terbitan AgroMedia Pustaka.

Buku yang ditulis oleh A. Hendri Mulia, SE., CMA. ini membahas seluruh kebutuhan informasi mengenai teknik tepat agar sukses budi daya dan bisnis walet. Mulai dari teknik penentuan lokasi, pengaturan struktur bangunan, tata ruang, penempatan dan ukuran lubang, nesting plank yang ideal, pembuatan sarang imitasi dan landasan sarang, membuat aroma walet, mengatur suhu dan kelembapan rumah walet, membuat pakan walet, pemanenan, pencegahan hama, hingga membuat suara tiruan walet yang efektif.

Alhasil, buku ini memberikan jalan bijak bagi Anda dalam menjalankan budi daya dan bisnis walet secara tepat dan benar. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: