Selasa, 03 Juni 2008

Tanaman "Penghasil" Serangga Terbang

Semua mahluk hidup membutuhkan makanan. Burung walet pun membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidupnya dan anak-anaknya.

Penyediaan makanan dengan menggunakan insect powder, buah-buahan yang matang dan dibusukkan, tepung kedelai dan tepung gandum dan lain sebagainya adalah untuk menumbuhkan serangga di dalam maupun di luar rumah burung walet.
Dengan menyediakan makanan walet (berupa serangga) di lingkungan rumah burung walet akan membuat burung walet tidak jauh mencari makanan, untuk itu sebaiknya di lingkungan rumah burung walet (RBW) ditanam pohon-pohon yang dapat digunakan sebagai tempat berkembang biaknya serangga terbang atau sebagai tempat persembunyian serangga.

Pohon-pohon tersebut dapat berupa pohon buah-buahan seperti jambu air, pisang, dan markisa. Atau pohon-pohon lainnya seperti petai cina (lamtoro), loa gondang, dadap merah dan mengkudu.
video
Dengan banyaknya pepohonan yang beragam di sekitar RBW kita, maka serangga makanan walet tetap ada sepanjang musim.
Yang menjadi persoalan adalah bagaimana kalau kita tidak mempunyai lahan yang luas untuk menanam pepohonan tersebut dan seberapa banyak pohon yang harus ditanam untuk menyediakan makanan burung walet.
Cara yang mudah adalah dengan menebarkan biji-bijian misalnya biji petai cina, mengkudu dan loa gondang di lahan-lahan yang kosong di sekitar RBW kita, yaitu lahan-lahan kosong di sepanjang jalan menuju ke RBW kita, pinggir jalan dan tanah kosong milik tetangga atau milik negara. Dan akan lebih baik bila pemilik - pemilik RBW ikut serta dalam program pemerintah penanaman sejuta pohon yaitu dengan cara ikut serta mendanai penanaman sejuta pohon di daerahnya masing-masing.
Dengan menjaga kelestarian alam, burung walet juga akan memberi rejeki yang berlimpah kepada kita.

1 komentar:

BOURAQ(BUROX) mengatakan...

Sangat setuju sekali dg program menanam sejuta pohon, selain bermanfaat untuk kehidupan walet juga bermanfaat sekali untuk makluk hidup di bumi!